Back to Kompasiana
Artikel

Raket

Erlin Tri Wulandari

Mahasiswi Ilmu Komunikasi (A) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | Amateur Writer | Blogger [erlinwulandari.blogspot.com] | selengkapnya

Tak Hanya Artis, Atlet pun Bisa Terjerat Cinta Lokasi

REP | 02 October 2013 | 18:19 Dibaca: 1625   Komentar: 5   0

1380712580847769382

photo by: family.fimela.com

Bulutangkis…

Berbiacara mengenai olahraga tersebut memang tak ada habisnya. Meski tak sepopuler sepakbola, namun bulutangkis juga merupakan olahraga alternatif yang digemari masyarakat. Apalagi mengingat prestasi pebulutangkis nasional yang cukup  membanggakan. Senang rasanya melihat para atlet bertanding, jatuh bangun demi sebuah harga diri, meneteskan bulir keringat untuk kebanggaan bangsa. Ahh, mereka sungguh layak disebut pahlawan pengharum nama bangsa…

Jika melihat atlet yang duduk diperingkat tertinggi dunia, menyabet juara atas nama negara. Tentu semua orang juga pernah bermimpi untuk menjadi seperti mereka. Dan kesuksesan karier mereka dimulai dari pelatnas.

Sama halnya dengan sepak bola, bulutangis juga mempunyai tempat pemusatan latihan. Kalau di Indonesia pusat pelatihan atlet bulutangkis terletak di Cipayung, Jakarta Timur. Disanalah karier para bintang lapangan dimulai. Semua atlet dari berbagai daerah, berbagai suku bangsa, kumpul jadi satu. Meskipun asrama atlet putra dan putri dipisahkan, namun ketika berlatih mereka kumpul jadi satu. Dan dari situlah, rasa cinta mulai bersemi..

Terbukti, banyak atlet dalam negeri maupun luar negeri terjebak cinta lokasi. Dan tak sedikit dari  mereka, kini telah membina rumah tangga. Siapakah mereka??

1.      Alan Budikusuma dan Susi Susanti

Alan Budikusuma dan Susi Susanti merupakan salah satu atlet bulutangkis terbaik yang pernah dimiiki Indonesia. Keduanya pernah menyabet berbagai gelar kejuaraan bergengsi  tingkat dunia. Dan kisah cinta dua sejoli ini dimulai saat mereka masuk pelatnas pada tahun 1985. Namun, kisah cinta mereka mendapat banyak hambatan. Pelatih mereka selalu mendoktrin kalau pacaran akan membuat karier mereka terhambat. Hal itu pula yang juga membuat orangtua mereka berpikiran yang sama. Tak gentar dengan hal tersebut, mereka memilih untuk menjalani hubungan backstreet. Karena kalau mereka go public mengenai hubungannya, maka kalau mereka kalah pasti banyak orang yang melontarkan pandangan miring seperti “kebanyakan pacaran sih“. Oleh karena itu mereka berdua ingin membuktikan bahwa hubungan yang mereka jalin berdampak positif bagi karier mereka. Dan terbukti mereka berdua berhasil duduk di podium tertinggi Olimpiade Barcelona, dan dikenal sebagai “pengantin olimpiade”. Kini, Alan dan Susi telah dikarunai 3 orang anak: Laurencia, Edward dan Sebastian.

2.      Lin Dan dan Xie Xingfang

Lin Dan dan Xie Xingfang merupakan atlet dari negeri tirai bambu yang sama-sama pernah menduduki peringkat satu dunia. Kisah cinta mereka bersemi ketika Lin Dan jatuh hati kepada Fang. Paras Xie Xingfang yang cantik serta postur tubuhnya yang aduhai, membuat Lin Dan tenggelam dalam lautan asmara. Super Dan, begitu julukan Lin Dan memang lebih muda dibanding Xie Xingfang. Namun hal itu tidaklah menjadi masalah, keduanya kini telah mengucap janji suci pernikahan dan resmi menjadi pasangan suami istri. Kedua pasangan ini akhirnya meresmikan kisah cintanya tanggal 23 September 2012 di Beijing University of Technology setelah Lin Dan mendapatkan medali emas keduanya di OlimpiadeLin Dan kini masih bermain untuk tim China, berbeda dengan suaminya, Xie Xingfang kini telah menggantungkan raket.

3.      Lee Chong Wei dan Wong Mew Choo

Lee Chong Wei dan Wong Mew Choo merupakan atlet bulutangkis Malaysia. Kedua sama-sama pemain tunggal. Hubungan Lee dan Mew Choo pun diwarnai putus sambung. Hingga akhirnya bulan November tahun lalu mereka mengikat janji suci sehidup semati dan resmi menjadi pasangan suami istri. Lalu, tak sampai 9 bulan berjalan, Mew Choo telah melahirkan seorang bayi laki-laki tampan yang mereka beri nama Kingston Lee. Kelahiran baby Kingston disambut suka cita oleh keduanya. Kini, Lee masih menduduki peringkat nomor wahid. Sedangkan Mew Choo memilih untuk mengakhiri kariernya dan fokus menjadi seorang ibu bagi putranya.

4.      Zhang Nan dan Zhao Yunlei

Zhang Nan dan Zhao Yunlei merupakan pasangan ganda campuran China. Keduanya kini menjadi pasangan ganda campuran andalan tim negeri tirai bambu. Hubungan mereka ternyata tak hanya di lapangan saja, di luar lapangan ternyata mereka juga memadu kasih. Dan hubungan mereka telah menjadi rahasia umum. Zhang Nan pun pernah tertangkap kamera mencium sambil memeluk kekasihnya usai memenangkan pertandingan. Berbeda dengan 3 pasangan diatas, kedua sejoli itu belum terikat janji suci pernikahan. Doakan saja, semoga hubungan mereka langgeng sampai jenjang pernikahan.

5.      Dionysius Hayom Rumbaka dan Bellaetrix Manuputty

Selanjutnya ada Hayom dan Bella. Hayom dan Bella merupakan atlet bulutangkis Indonesia, yang sama-sama bermain di nomor tunggal. Saya sendiri belum tahu pasti kapan mereka jadian. Tetapi foto-foto kebersamaan mereka berdua memperlihatkan bahwa keduanya telah menjalin hubungan sudah lama. Bella dan Hayom juga juga sudah dekat dengan orangtua satu sama lain, Bella juga menyempatkan waktu untuk menghadiri pernikahan kakak Hayom yang digelar di Kulon Progo, Yogyakarta. Ketika pertandingan Indonesia Grand Prix Gold 2013 yang digelar di Jogja seminggu lalu. Ibu Bella dan Hayom pun tampak sudah dekat satu sama lain. Wah, kita tinggal tunggu saja kabar baik dari mereka.

Selain mereka berlima sebenarnya masih banyak atlet yang terjebak cinta lokasi. Di Indonesia saja, ada pasangan Ana Rovita dan Thomi Azizan Mahbub. Lalu ada juga Nurbeta Kwanrico dan Evert Sukamta. Selain itu Tommy Sugiarto dan Pia Zebadiah, Tontowi Ahmad dan Anneke Feinya Agustine serta Simon Santoso dan Maria Kristin yang dulu juga pernah memadu kasih. Sayangnya hubungan mereka telah kandas, dan kini telah memiliki pasangan masing-masing.

Yaa kita doakan saja supaya cinta lokasi atlet tersebut berbuah manis. Karena bagaimana pun atlet juga manusia yang punya rasa dan punya hati. Atlet juga manusia biasa yang ingin mencinta dan butuh dicintai. Terimakasih telah membaca tulisan saya, salam Bulutangkis Indonesia!!

referensi: lifestyle.okezone.com

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Visa on Arrival Turki Dihapus? …

Sifa Sanjurio | | 29 July 2014 | 06:03

Kaum Dhuafa Berebut Zakat, Negara Gagal …

Nasakti On | | 28 July 2014 | 23:33

Membuat Hidangan Lebaran di Moskow (Jika …

Lidia Putri | | 28 July 2014 | 17:08

Kampanye Wisata Thailand’s Best …

Olive Bendon | | 28 July 2014 | 16:49

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Pijat Ala Dubai International Airport …

Ardi Dan Bunda Susy | 18 jam lalu

Jangan Terlalu Berharap Banyak Pada Jokowi …

Bambang Srijanto | 19 jam lalu

Berlebaran Tetap Gaya dengan Kaos Kompasiana …

Topik Irawan | 20 jam lalu

Jangan Nanya Panci ke Polisi Amerika …

Usi Saba Kota | 23 jam lalu

” Dari Tahun Ketahun Tak Pernah …

Rere | 28 July 2014 13:56

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: