Back to Kompasiana
Artikel

Bola

Achmad Suwefi

You will never walk alone

Akankah ada Andik Virmansyah di Timnas Indonesia saat Lawan Belanda?

REP | 24 May 2013 | 20:16 Dibaca: 1719   Komentar: 9   0

1369401147361399060(aksi Andik saat ditackle Beckham/http://tim-favoritku.blogspot.com)

Salam sepakbola nasional,

Tinggal 13 hari lagi kita akan kembali kedatangan tim besar ke Indonesia dalam rangka friendly match yang masuk dalam kalender FIFA. Belanda, peringkat 9 FIFA telah menjadwalkan tur Asia jauhnya ke Indonesia dan China.

Dan tanggal 07 Juni public sepakbola tanah air akan dapat menyaksikan penampilan enam pemain kunci Timnas Belanda yang memang terdapat dalam kesepakatan antara pihak penyelenggara “nine sport” dengan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).Robin Van Persie, Arjen Robben, Rafael Van der Vaart, Dirk Kyuit, Wesley Sneijder dan Klass Jan Huntelaar.

Pertandingan bersejarah bagi Belanda dan Indonesia, karena bagaimanapun Belanda sudah akrab dengan Indonesia sejak menjajah negeri ini selama 3,5 abad. Sejak kemerdekaan Indonesia dan Belanda terus berkembang sepakbolanya serta menjadi kekuatan baru dunia sepakbola. Indonesia tidak pernah bertemu dengan Belanda dalam partai apapun, tapi darah Indonesia pun pernah mengharumkan nama “de Oranje” seperti Giovanni van Bronchost serta pemain berdarah Indonesia pertama yang bermain di Timnas Belanda, Simon Tahamata.

“Kami datang untuk membantu sepakbola Indonesia dengan filosofi yang kami miliki.Saya melihat pertandingan Indonesia sekitar satu tahun lalu dan ada fanatisme yang luar biasa disana,” ungkap pelatih Belanda, Louis Van Gaal.

Selain itu juga menurut Om Van Gaal kedatangan Belanda ke Indonesia juga tidak lepas dari faktor ekonomi. Karena bagaimanapun Portugal, Spanyol merupakan lawan yang tepat untuk berujicoba (Sumber: warta kota)

Selain untuk ujicoba internasional yang masuk kalender FIFA, kedatangan Timnas Belanda dan KNVB sekaligus untuk rencana penandatanganan MOU untuk transfer ilmu dan filosofi sepakbola Belanda, infrastruktur serta struktur kepelatihan, Hal itu terungkap saat penandatangan kerjasama tanggal (22/04) di Jakarta.

Kedatangan Klass Jan Hunteelar masih dipertanyakan ?

13694012111235841813

(daftar pemain timnas Belanda)

Louis Van Gaal sendiri sudah mengumumkan daftar pemain yang akan dibawah dalam Tour Asia-nya, termasuk enam pemain kunci sesuai dengan kesepakatan awal ditambah dengan munculnya debutan baru yang akan tampil pertama kali di Timnas Belanda (ditandai warna merah dalam tabel diatas). Yaitu Lerin Duartem Dwight Tendalli, Miguel Nelom dan Jens Toornstra.

Selain itu Van Gaal tidak dapat memakai jasa Kevin Strootman, Bruno Martins Indi, Stefan de Vrij dan Jordy Clasie yang ikut dalam Timnas Belanda U-12 di Kejuaraan Eropa U-21 di Israel.

Hanya nama Klass Jan Huntelaar (striker Schalke 04) masih jadi pertanyaan apakah akan ikut serta atau tidak, hal ini terkait dengan isterinya yang akan melahirkan anak ketiga, sehingga memutuskan untuk menemani sang isteri dan kemungkinan urung tampil di Indonesia.

Untuk pemain kunci seperti Arjen Robben yang harus bertanding difinal UCL 2013, beserta Jonathan de Guzman (Swansea), Dirk Kuyt (Fenerbache), Van Persie (Man U) dan Rafael van der Vaart baru akan bergabung dengan timnas Belanda (03/06), sedang yang lainnya akan berkumpul (29/05)

Semoga rencana pertandingan internasional yang masuk kalender FIFA dapat berjalan sesuai rencan tanpa halangan. Dan kita dapat menjadi bagian kedatangan Timnas Belanda di Indonesia. Patut kita tunggu kesiapan Timnas Indonesia yang dilatih Jacksen Tiago jelang pertandingan tersebut.

Akankah ada Andik Virmansyah di Timnas Indonesia?

Hanya saja patut dikritisi terkait persiapan Timnas Indonesia jelang laga lawan Timnas Belanda, terkait dengan kompetisi ISL yang terus berjalan sampai partai (4/6) antara Persija vs Persipura, bagaimanapun kita harus akui level kita dibawah Belanda. Tetapi tidak dimata Joko Driyono selaku CEO PT. Liga Indonesia yang menganggap bahwa waktu tiga hari sudah cukup sebagai persiapan. Persiapan setahun sama saja, toch Belanda baru mulai berlatih tanggal 5 Junie 2013.

Yach kalau mengikuti pola pikir Jok Dri memang pemain ISL lebih cukup waktu dibanding pemain Belanda, apalagi Belanda pasti mengalami jet lag yach Pak Jok Dri tetapi Pak, Belanda sedah melakukan training camp sejak 29 mei jadi di Jakarta nanti hanya adaptasi lapangan saja tanpa harus konsentrasi kepada latiha n kerjasama tim karena sudah diasah sejak di training Camp.

Apapun itu, saya tidak terlalu mengambil pusing dengan statemen Jok Dri, yang penting saya hanya ingin melihat apakah Andik Virmansyah dan Irfan Bachdim akan masuk line atau dipanggil BTN atau tidak untuk mengikuti International Friendly Match lawan Belanda.

Semoga saja Andik Virmansyah tetap jadi satu dari sekian pemain yang terpilih oleh tim pelatih dan BTN dalam Timnas Indonesia yang akan diisi oleh poros Persipura, Arema Cronus dan Persib Bandung.

Ayo Andik tetap semangat dalam berlatih. Akankah Andik masuk daftar pemain lawan Belanda, hanya BTN dan waktu yang akan menjawab.


Salam sepakbola nasional,

Wefi

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Gedung New Media Tower Kampus UMN, Juara …

Gapey Sandy | | 31 October 2014 | 19:12

Cerita di Balik Panggung …

Nanang Diyanto | | 31 October 2014 | 18:18

Giliran Kota Palu Melaksanakan Gelaran …

Agung Ramadhan | | 31 October 2014 | 11:32

DPR Akhirnya Benar-benar Terbelah, Bagaimana …

Sang Pujangga | | 31 October 2014 | 13:27

Ikuti Blog Competition dan Nangkring di IIBF …

Kompasiana | | 12 October 2014 | 18:25



HIGHLIGHT

Cari Info Wisata Bukan Paket Liburan …

Pandu Aji Wirawan | 8 jam lalu

KIS Diberlakukan, SDM Kesehatan Siap-Siap …

Dian Arestria | 8 jam lalu

#R …

Katedrarajawen | 8 jam lalu

Australia Berubah Total, Indonesia Perlu …

Tjiptadinata Effend... | 8 jam lalu

Bebaskan MA! …

Harja Saputra | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: