Back to Kompasiana
Artikel

Bola

Ahmad Junaedi

seorang pecinta sejarah NKRI, sastra Arab, selalu antusias dengan segala hal yang berbau sejarah (kecuali selengkapnya

Rampungnya Liga-liga Elit Eropa

OPINI | 20 May 2013 | 13:20 Dibaca: 773   Komentar: 2   0

Semalam, rampung sudah perhelatan liga sepakbola di sejumlah negara di Eropa. Beberapa negara itu seperti Italia, Jerman, Portugal, Inggris, dan Prancis serentak mengakhiri liga sepakbola mereka. Siklus ini selalu terjadi pada bulan Mei setiap tahunnya. Terkecuali di Liga utama Rusia. Negara dengan populasi 142 juta (menurut sensus dunia 2011) orang ini, menjalani liga sepakbolanya pada bulan Maret hingga Nopember. Ini untuk mengantisipasi adanya badai salju saat musim dingin.

Lalu negara mana saja yang telah menuntaskan liga sepakbolanya?

Kita akan mulai dari kompetisi paling bergengsi, English Premier League (EPL). Kompetisi sepakbola kasta teratas di daratan Inggris Raya ini, mengakhiri liganya semalam dengan torehan banyak gol. Paling sensional, matchday antara tuan rumah Wesbromwich Albion kontra juara ELP, Man United. Kedua tim di akhir laga saling berbagi skor fantastis, 5-5. Luar biasa. Sepuluh gol yang tercipta menjadi catatan pertama semenjak EPL diberlalukan pada awal 90-an.

Di akhir musim, ada empat tim yang berhak mendapatkan tiket Liga Champions musim depan. Keempatnya, Manchester United, Manchester City, Chelsea, dan Arsenal. Meskipun, dua tim terakhir, harus melalui fase kualifikasi sebelum berhasil masuk ke putaran grup Liga Champions.

Liga BBVA Spanyol

Selebrasi juara pemain Barca (sumber foto: medianya.com)

Selebrasi juara pemain Barca (sumber foto: medianya.com)

Musim ini Barcelona terlihat lebih unggul daripada seteru utamanya, Real Madrid. Real Madrid, bahkan tak meraih sebiji pun trofi di musim ini. Di liga domestik, mereka kalah saing dengan Barcelona. Di Liga Champions, mereka tersandung tim asal Jerman, Borussia Dortmund. Pun yang terjadi di final Copa del Rey Jumat lalu. Mereka, meskipun tampil di Santiago Bernabeu, kalah 1-2 oleh tim tetangga, Atletico Madrid. Ironis. Sebaliknya, Barcelona, meski gagal di Copa del Rey dan ajang antarklub Eropa, mereka masih bisa berbangga diri dengan menyabet predikat terbaik di liga. Poin liga yang berhasil mereka kumpulkan berjumlah 94. Adapun Real Madrid, mengumpulkan 81 poin. Untuk tim peringkat ketiga dan keempat, dihuni oleh Atletico Madrid (72 poin) dan Real Sociedad (62 poin). Keduanya berhak tampil di Liga Champions musim depan. Pengecualian untuk Real Sociedad yang harus melewati fase kualifikasi UCL.

Bundesliga Jerman

selebrasi juara liga Bayern Muenchen 2013 (sumber: tribunnews.com)

selebrasi juara liga Bayern Muenchen 2013 (sumber: tribunnews.com)

Liga yang sedang naik daun ini–merujuk pada masuknya dua tim Jerman di final Liga Champions–semalam juga telah menyudahi kompetisinya. Adalah Bayern Muenchen yang sukses meraih gelar juara setelah mematahkan dominasi Borussia Dortmund selama 2 musim beruntun. Tim yang musim depan akan dilatih oleh Pep Guardiola ini, meraih 91 poin; unggul jauh atas pesaing terdekatnya, Dortmund dengan 66 poin. Cukup signifikan selisih poin antara kedua tim.

Baik Bayern Muenchen maupun Dortmund, berhak lolos ke fase grup Liga Champions musim depan. Dua tim lain, peringkat ketiga dan keempat klasemen Bundesliga, Bayern Leverkusen dan Schalke 04, juga berhak meraih kesempatan berlaga di UCL.

Seri A Italia

pesta scudetto Juventus (sumber: blogspot.com)

pesta scudetto Juventus (sumber: blogspot.com)

Di liga Seri A Italia, Juventus membuktikan kapasitasnya sebagai tim kuat. Selama dua musim berturut-turut, 2011-2013, mereka menjadi penguasa liga. Tim asuhan allenatore Antonio Conte berhasil menjuarai liga setelah mengumpulkan 87 poin. Adapun jumlah scudetto yang didapat Juventus sepanjang sejarah keikutsertaannya di Liga Seri A, adalah 31. Peringkat kedua dihuni klub asal kota Naples, Napoli. Klub yang berjuluk Partenopei ini mengemas 78 poin selama 38 pekan perjalanan liga. Sedangkan klub asal kota mode, AC Milan, hanya mampu finish di urutan ketiga, dengan 72 poin. Klub milik taipan media Italia, Silvio Berlusconi, harus berjuang keras di akhir-akhir laga sebelum memastikan tiket kualifikasi UCL musim depan. Mengingat, mereka dikuntit penuh oleh klub peringkat bawahnya, yaitu Fiorentina. Dan, La Viola di akhir liga, meraup 70 poin. Selisih 2 poin lebih kecil dari yang diraih oleh Milan. Hanya, untuk bisa berlaga di fase grup Liga Champions musim mendatang, Milan harus berjuang di fase kualifikasi.

Satu tim besar yang musim ini begitu kelam perjalanannya, yaitu Inter Milan. Klub milik Massimo Moratti ini terdampar di urutan 9 klasemen akhir. Posisi mereka bahkan tidak lebih baik dari Catania yang berada tepat di atas mereka.

Liga Portugal

para pemain Porto berpesta di kandang Pacos de Ferreira (sumber: tribunnews.com)

para pemain Porto berpesta di kandang Pacos de Ferreira (sumber: tribunnews.com)

Minggu malam, merupakan akhir dari rangkaian perjalanan Liga Primer Portugal yang diikuti oleh 16 klub. Juara dari kompetisi sepakbola utama Portugal ini, yaitu FC Porto. Hebatnya, mereka menjadi juara dengan torehan catatan fantastik, tak terkalahkan. Poin akhir berhasil mereka dulang sejumlah 78. Pesaing terdekatnya, Benfica, hanya mampu finish di peringkat kedua klasemen akhir dengan 77 poin. Sementara tim peringkat ketiga, yaitu Pacos de Ferreira, mengumpulkan total 54 poin.

Finalis Liga Eropa musim ini, Benfica harus puas menempati posisi kedua klasemen akhir. Meskipun di awal-awal liga, klub besutan Jorge Jesus sempat memimpin klasemen sementara. Selain klasemen, Liga Portugal disudahi dengan raihan pencetak gol terbanyak dengan nama J. Martinez dengan 26 gol.

Ligue-1 Prancis

para pemain PSG bergembira usai cetak gol (sumber: liputan6.com)

para pemain PSG bergembira usai cetak gol (sumber: liputan6.com)

Kita beralih ke liga sepakbola utama Prancis. Liga Prancis atau yang biasa disebut Ligue-1 berakhir tadi malam. Klub asal ibukota, Paris St. Germain, mengakhiri perjuangannya selama semusim dengan raihan gelar juara. Klasemen akhir membuktikan, tim yang dilatih pelatih legendaris Italia, Carlo Ancelotti, mendulang 80 poin dari 37 pertandingan. Rival terdekat mereka, Olympic Marseille, menempati urutan kedua dengan selisih 10 poin, yaitu 70 poin. Kedua tim sama-sama langsung lolos ke Liga Champions musim depan. Sedangkan klub peringkat keempat dihuni Olympic Lion dengan donasi 64 poin. Untuk bisa berlaga di Liga Champions musim depan, Lion harus berjuang di fase kualifikasi terlebih dahulu.

Sejak adanya akuisisi kepemilikan klub oleh Syekh Nasser El-Khelaifi, superioritas PSG makin memesona. Bukan hanya gelar juara saja yang mereka dapatkan. Gelar pribadi dengan nama Zlatan Ibrahimovic, tercatat sebagai pencetak gol paling subur dengan 29 gol.Ia pun dinobatkan sebagai pemain terbaik di Liga Prancis musim ini.

Eredivisie Belanda

pesta juara para pemain Ajax (sumber: whatindonews.com)

pesta juara para pemain Ajax (sumber: whatindonews.com)

Liga Belanda telah usai pada 12 Mei lalu. Tim legendaris Belanda, Ajax Amsterdam, keluar sebagai kampiun eredivisie. Mereka berhasil meraup 76 poin dari 34 pertandingan semusim. Pesaing paling dekat, yaitu PSV Eindhoven memeroleh 69 poin dari 34 pertandingan.

Menariknya, meskipun berada di dua peringkat atas, kedua tim, yaitu Ajax dan PSV, tidak mewakilkan salah seorang pemainnya ke dalam peraih gol terbanyak. Justru, W. Bony dari klub Vitesse menahbiskan dirinya sebagai toscorer dengan 31 gol.

Dalam liga Belanda ini, klub yang keluar sebagai juara, lolos otomatis ke Liga Champions musim depan. Sedangkan urutan kedua, PSV Eindhoven, harus berjuang melawan klub lain di babak kualifikasi.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kerbau Disembelih, Tanduknya Jadi Sumber …

Leonardo | | 31 July 2014 | 14:24

5 Jam Menuju Museum Angkut, Batu-Malang …

Find Leilla | | 31 July 2014 | 18:39

Kecoa, Orthoptera yang Berkhasiat …

Mariatul Qibtiah | | 31 July 2014 | 23:15

Punya Pengalaman Kredit Mobil? Bagikan di …

Kompasiana | | 12 June 2014 | 14:56

Menjenguk Blowhole Sebuah Pesona Alam yang …

Roselina Tjiptadina... | | 31 July 2014 | 20:35


TRENDING ARTICLES

Perbedaan Sindonews dengan Kompasiana …

Mike Reyssent | 9 jam lalu

Lubang Raksasa Ada Danau Es di Bawahnya? …

Lidia Putri | 13 jam lalu

Jangan Tulis Dulu Soal Wikileaks dan …

Bang Pilot | 17 jam lalu

Tipe Karyawan yang Perlu Diwaspadai di …

Henri Gontar | 21 jam lalu

Evaluasi LP Nusa Kambangan dan …

Sutomo Paguci | 22 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: