Back to Kompasiana
Artikel

Bola

Achmad Suwefi

You will never walk alone

Seleksi Timnas Indonesia U-14 Dimulai

REP | 15 May 2013 | 12:05 Dibaca: 2957   Komentar: 8   0

13685942141837647606(pemain timnas U-14 saat berlatih/www.indonesiarayanews.com)

Salam sepakbolab nasional,

Perjuangan tunas-tunas garuda muda yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-14 sebagai persiapan menjelang keikut sertaan mereka di ajang Kualifikasi Piala AFC U-14 akan dimulai hari ini (15/05).

Berpusat di Sawangan, Depok, ke 35 pemain terpilih dengan rincian 25 pemain hasil saringan 33 pemain hasil seleksi dibawah asuhan caretaker Timnas U-14 Paulo Camargo, ditambah 10 pemain hasil rekomendasi dari BTN (Badan Timn Nasional) akan memulai berlatih dibawah arahan pelatih Mundari karya.

Tidak ada kata terlambat untuk melihat perjuangan tunas-tunas miuda yang merupakan bagian dari sebuah program pembinaan usia dini bagi PSSI yang akhirnya memutuskan Timnas U-14 berangkat ke Myanmar. Keputusan yang patut disyukuri walau harus dibantu kritikan dari masyarakat bola dan seperti biasa diplomasi La Nyala via Jok Dri meminta dispensasi entry by name ke AFC.

Berikut daftar 25 pemain terpilih hasil saringan kedua untuk 33 pemain sebelumnya, yang akan mengikuti seleksi Timnas U-14 dibawah arahan Mundari Karya selama 10 hari (15-25 Mei 2013) yang akan disusutkan menjadi 21 pemain terpilih yang akan berangkar ke Myanmar 25/26 Mei 2013.

Kiper : Reza, Rafli, Sheva

Belakang : Rama, Yuswanto, Chico, Alfino, Huda, Rasyad, Fauzan

Gelandang : Zidane, Iqbal, Bagas, Angga, Emir, Kevin, Dafa, Faiz, Dray, Aksa

Penyerang : Fery, Egi, Fajar, Rafi, Irki

Sedangkan nama-nama pemain rekomendasi BTN (Badan Tim Nasional) belum dapat dikonfirmasikan.

BTN sendiri ingin menambah pemain diluar hasil seleksi Paulo Camargo dan asisten Pelatih Nimrot Manalu, kemungkinan pemain yang ditambah berasal dari Jawa Timur, Sumatera dan daerah lainnya.

“BTN ingin tambah pemain dari luar. Sepuluh pemain itu dari daerah lain seperti Jawa Timur, Sumatera dan daerah lainnya,” ungkap Mundari Karya (sumber: Harian Top Skor)

Waktu 10 hari yang perlukan oleh Mundari Karya semoga mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya , sebenarnya dengan pemain yang ada 25 pemain hasil seleksi Paulo Camargo dapat mempermudah tugas Mundari Karya untuk mengasah kerjasama tim agar lebih kompak dan hanya perlu menambahkan kekurangan dengan tim yang sudah agar seleksi dapat berjalan ketat.

Adapun fokus Mundari Karya dalam 10 hari masa seleksi dan persiapan Timnas Indonesia U-14 adalah memfokuskan pada sehi teknik dan taktik. Sekaligus untuk mendapatkan 21 pemain yang akan terpilih memperkuat Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala AFC U-14 di Myanmar (28/05).

Mengintip persiapan calon lawan Timnas Indonesia

Indonesia yang akan bergabung di grup F dengan Thailand, Kamboja, Singapura, Laos dan Bangladesh jelas tidak boleh menganggap enteng semua lawan yang akan mereka hadapi., mungkin Laos dan Kamboja yang bisa dijadikan lumbung gol

Bagaimanapun Kamboja & Laos sebagaimana yang kita ketahui mungkin lawan yang bisa kita kalahkan, tetapi persiapan Kamboja patut diwaspadai karena mereka melakukan persiapan lumayan matang termasuk dengan mengikuti invitation U-14 youth team challenge di Thailand.

1368594250926630949(Timnas U-14 Kamboja/http:cambodiafootball.blogspot.com)

Walaupun dipertandingan terakhir mereka kalah 0-4 dari tuan rumah Thailand yang akan menjadi lawan Indonesia juga, tetapi dipertandingan pertama Kamboja mampu mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 2-0. Apalagi ke-20 pemain terpilih (Svang Samnang, Sao Sopheak, Kong Rafat, Sary Slaiman, Sin Kakada, Tong Chanmony, Sem Dona, Tep Veasna Komapitu, Yoe Saphy,  Thy Ronaldo, San Davith, Nop David, Lim Pisoth, Heng Kimhong, Sok Panha, Mao Piseth, Tang Rithyviwath, Em Sopharith, Ny Mustafa, Chhun Devy) sedang mempersiapkan jelang keberangkatannya ke Myanmar.

Untuk Thailand jelas merupakan lawan terberat, apalagi Tim yang berangkat ke Myanmar sebagian merupakan tulung punggung saat mereka menjuarai HKFA Youth Turnament U-13 setelah dipartai terakhir mengalahkan tuan rumah Hongkong dengan skor telak 7-0. (Indonesia sendiri mengirimkan timnas U-18 asuhan Indra Sjafrie dan mempu menjadi juara HKFA Yout Tournament U-18).

Thailand U13 juga mampu unjuk diri dengan mampu menjadi juara di The HKFA Int’l Youth Invitational Tournament(U13) yang diikuti juga oleh 4 Negara, yaitu Hongkong ;Thailand ; Singapura dan Guang Zhou. Sayang Timnas Indonesia U-13 tidak ikut serta dalam tournament ini.

1368594283725839586(sumber photo : HKFA.com)

Thailand juga meraih MVP atas nama Jinnawat Russamee dan Kiper terbaik Tournament atas nama Chanathip Panyade

Selamat berlatih dan berjuang untuk tunas-tunas garuda dibawah arahan dan asuhan Mundari karya, pengalaman yang akan kalian dapatkan apabila terpilih dalam 21 pemain Timnas U-14 akan memperkaya skill, teknik dan mental kalian dalam menghadapi pemain-pemain dari negara teutama kawasan ASEAN.

Lolos dari kualifikasi grup merupakan impian kita semua masyarakat Indonesia pecinta sepakbola, tetapi esensi dari bertandingnya kalian di level internasional adalah untuk memperoleh hasil dari sistem pembinaan berjenjang yang memang sudah seharusnya dijadikan fokus dan program kerja PSSI., apakah sistem pembinaan kita mampu menciptakan timnas yang kompetitif atau malah berjalan ditempat.

Semoga akan terpilih 21 pemain tunas-tunas muda yang akan membawa garuda berprestasi di kualifikasi grup F AFC Cup U-14 di Myanmar.

Salam sepakbola nasional,

Wefi

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Emak, Emang Enak Nunggu Kereta Sambil …

Masluh Jamil | | 27 November 2014 | 05:41

BBM Naik, Pelayanan SPBU Pertamina …

Jonatan Sara | | 27 November 2014 | 01:16

Nangkring bareng Litbang Kementerian …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 19:25

Oleh-oleh dari Pak Jonan di Kompasianival …

Sang Nanang | | 27 November 2014 | 08:46

Ikuti Lomba Resensi Buku “Revolusi …

Kompasiana | | 08 November 2014 | 15:08


TRENDING ARTICLES

Senyum dan Air Mata Airin Wajah Masa Depan …

Sang Pujangga | 2 jam lalu

Presiden Kita Bonek dan Backpacker …

Alan Budiman | 3 jam lalu

Prabowo Seharusnya Menegur Kader Gerindra …

Palti Hutabarat | 4 jam lalu

Menteri Dalam Negeri dan Menko Polhukam …

Hendi Setiawan | 13 jam lalu

Menguji Kesaktian Jokowi Menjadi Presiden RI …

Abdul Adzim | 13 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: