Back to Kompasiana
Artikel

Bola

Riston Tambunan

Mencari Ide sampai ke ujung bumi...

Semifinal Liga Champions “Jerman vs Spanyol”

REP | 20 April 2013 | 08:49 Dibaca: 340   Komentar: 4   3

SEMI FINAL LIGA CHAMPIONS

“JERMAN vs SPANYOL”

Kompasiana.com. Badan Tertinggi Sepak Bola Eropa (UEFA), telah resmi mengadakan pengundian untuk pertandingan Liga Champions putaran Semi Final musim 2012-2013. 4 klub yang tersisa berasal dari dua negara, yaitu Jerman dan Spanyo (Bayern Munchen vs Barcelona dan Borussia Dortmund vs Real Madrid). 4 klub raksasa Eropa tersebut, akan menunjukkan permainan dalam kualitas tertinggi demi menjaga gengsi dan nama harum klub. Para perlatih juga akan menunjukkan kehebatan mereka untuk meramu dan meracik strategi jitu untuk memenangkan satu tiket ke putaran final.

Sebelum kita melihat dan menyaksikan ketatnya pertandingan dari lapangan hijau, terlebih dahulu kita melihat kekuatan masing-masing tim yang akan berlaga. Dan sedikit cerita perjalanan mereka dari penyisihan grup hingga babak delapan besar.

## BAYERN MUNCHEN (JERMAN) ##

Sebagai runner up Liga Champions musim lalu, The Bavarians kembali berambisi untuk bisa masuk putaran final pada musim ini. Sebagai juara Grup F, Munchen menunjukkan performa terbaik dalam setiap laga yang mereka jalani. Dengan materi pemain yang memiliki skills di atas rata-rata, Munchen siap untuk menghadapi klub raksasa Spanyol, El Barca.

Bayern Munchen yang sudah memastikan gelar juara Bundesliga musim ini berada dalam posisi percaya diri penuh. Mereka yang mengalahkan The Gunners di babak 16 besar, dan kembali mempermalukan Si Nyonya Tua pada babak 8 besar, dengan agregat 4-0 dalam dua leg pertemuan, merasa optimis untuk kembali menjajakkan kaki mereka di babak final musim ini.

Pelatih JUPP HEYNCKES ingin membawa trofi tertinggi kasta sepak bola Eropa tersebut ke Allianz Arena. Bayern Munchen yang sudah 4 kali menjadi Juara Liga Champions, tak ingin hanya menjadi sebagai Runner Up. Tapi perjalanan mereka musim ini, menghadapi jalan yang sangat terjal, karena Munchen harus menghadapi Barcelona di babak semifinal.

Frank Ribery, Arjen Robben, Sebastian Schweinsteigner dan Philip Lahm akan menunjukkan kehebatan mereka dalam mengolah bola dan melewati hadangan dari pasukan Los Azulgrana.

## BORUSSIA DORTMUND (JERMAN) ##

Klub yang berasal dari Jerman ini, tidak diunggulkan dan dianggap hanya sebagai tim under dog. Namun fakta yang terjadi, anak asuh JURGEN KLOOP mampu menunjukkan kehebatan mereka melalui kerjasama tim yang sangat bagus dan brilian sehingga mereka masih terus melaju hingga babak semifinal.

Berada dalam Grup D bersama Real Madrid (Juara LaLiga Spanyol), Manchester City (Juara Liga Primer Inggris) dan Ajax Amsterdam (Juara Liga Belanda), yang diklaim sebagai grup neraka pada musim ini, Die Schwarzgelben mampu menjadi juara grup mengalahkan dominasi El Real dan The Citizen yang lebih diunggulkan. Dan pada babak delapan besar, Dortmund mampu mengkandaskan FC Malaga melalui pertangingan yang sangat sengit dan ketat.

Pada babak semifinal musim ini, Dortmund kembali akan bertemu dengan Real Madrid. Kedua klub sudah bertemu di babak penyisihan grup. Kala itu, Dortmund mampu mengalahkan El Real dengan skor 2-1. Gol yang diciptakan Robert Lewandowski dan Marcel Schmelzer, membuat Dortmund menggeser posisi Real Madrid dari posisi puncak.

Dormund yang baru sekali merasakan gelar Liga Champions pada musim 1996-1997, berambisi untuk bisa menjadi juara pada musim ini.

## REAL MADRID (SPANYOL) ##

El Real yang sudah 9 kali menjadi juara Liga Champions, harus membuktikan diri mereka kala menghadapi lawan tangguh di babak semi final. Melewati hadangan The Red Devils di babak 16 besar, dan mengalahkan Galatasaray pada babak 8 besar, CR-7 dkk saat ini fokus untuk meraih gelar Liga Champions ke 10 mereka. Tertinggal jauh dari Barcelona di ajang La Liga, trofi Liga Champions dan Copa Del Rey menjadi harapan buat kubu El Real.

Pelatih The Spesial One, Jose Mourinho yang sudah mempersembahkan gelar La Liga dan Copa Del Rey, ingin membuktikan dirinya sebagai pelatih hebat dengan mempersembahkan trofi Liga Champions musim ini untuk Real Madrid. Jose Mourinho yang pernah menjadi pelatih terbaik sebanyak tiga kali (tahun 2004, 2005 dan 2010) ingin menciptakan hattrick meraih gelar Liga Champions dari tiga klub yang berbeda, yang sebelumnya telah dilakukannya untuk FC PORTO dan INTERNAZIONALE.

Mengahadapi Dortmund di babak semifinal, CR-7 dkk diharapkan mampu untuk membalaskan dendam mereka yang kalah pada pertemuan babak penyisihan grup.

## BARCELONA (SPAYOL) ##

El Barca yang merupakan salah satu tim terkuat benua biru Eropa saat ini dan tim yang selalu masuk hingga babak knock out harus berhadapan dengan Bayern Munchen. Dengan strategi tiki taka nya, El Barca berambisi untuk menjuarai Liga Champions untuk kelima kalinya.

Menjadi juara dari Grup G, Barcelona mampu mengkadaskan perlawanan AC Milan pada babak 16 besar dan PSG pada babak 8 besar. Dengan penampilan yang selalu stabil dan memukau, para punggawa Los Azulgrana akan bermain semaksimal mungkin untuk melewati hadangan dari FC Hollywood.

Messi dkk harus bisa tampil secara konsisten dan bermain apik, untuk membuktikan diri bahwa mereka adalah suatu tim terbaik dunia saat ini. Dengan arahan strategi dari Tito Vilanova dan Jourdi Rora, Barcelona akan selalu tampil dengan penguasaan bola yang selalu dominan, yang siap untuk membongkar pertahanan Bayern Munchen.

Putaran Final yang akan digelar di Wembley Stadium pada bulan Mei mendatang masih akan menyuguhkan cerita yang menarik, penuh dengan intrik dan ketegangan. Putaran Final pada musim ini, sangat berpeluang mempertemukan “ALL GERMANY FINAL” atau “ALL SPANYOL FINAL”.

Semuanya akan terbukti pada dua leg pertandingan yang akan segera digelar. Tensi tinggi dan kecepatan dalam mengolah si kulit bundar akan menciptakan banyak sejarah baru dari lapangan hijau, yang memacu andrenalin para pecinta sepak bola dari seluruh penjuru dunia. BRAVO SEPAK BOLA… (RT)13664225411271898988

Referensi gambar : karya sendiri

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Hikayat Baru Klinting di Rawa Pening …

Dhanang Dhave | | 24 April 2014 | 14:57

Uniknya Gorila Bule di Pusat Primata …

Dzulfikar | | 24 April 2014 | 14:49

Kota: Kelola Gedung Parkir atau Hunian …

Ratih Purnamasari | | 24 April 2014 | 13:59

Arloji Sang Jenderal dan Si Putri …

Subagyo | | 24 April 2014 | 09:52

Mengenal Infrastruktur PU Lewat Perpustakaan …

Kompasiana | | 21 April 2014 | 15:12


TRENDING ARTICLES

Di Mana Sebenarnya MH370? Waspada Link …

Michael Sendow | 12 jam lalu

Bila Separuh Gaji Karyawan Memang untuk …

Agung Soni | 15 jam lalu

Demam Masha and Bear, Lagi-lagi Film Animasi …

Heru Andika | 19 jam lalu

Senayan, Panggung Baru Para Artis… …

Iswanto Junior | 20 jam lalu

Nasib Capres ARB (Ical Bakrie) dan Prabowo …

Mania Telo | 21 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: