Back to Kompasiana
Artikel

Bola

Farid Wadjdi

Lulusan arsitek yang bekerja di perusahaan kontraktor nasional. Mengelola blog "Bedah Rumah" yang membedah segala selengkapnya

RD Latih Tukang Bangunan Main Bola

OPINI | 04 November 2012 | 11:54 Dibaca: 1668   Komentar: 0   3

1352006411545910204

Holcim Gala Bola (sumber: viva.co.id)

Wah, ini benar-benar berita baru yang menarik buat saya. Pelatih Arema Indonesia Rahmad Darmawan akan melatih 17 orang tukang bangunan yang akan mengikuti Piala Asia Tukang Bangunan (Asian Mason Cup) di Srilanka, Desember mendatang.

Sebanyak 17 tukang bangunan dipilih melalui sebuah kompetisi antar tukang bangunan yang diselenggarakan sebuah produsen semen. Awalnya dalam kompetisi bertajuk Gala Bola Holcim Indonesia 2012 diikuti oleh 1.400 ahli bangunan dari 11 kota yang dimulai sejak 13 Oktober 2012.

Gala Bola merupakan wujud apresiasi kemitraan dan bentuk komitmen Holcim Indonesia untuk selalu memberikan nilai lebih bagi mitranya. “Sebab, bagi kami para ahli bangunan merupakan mitra kerja kami,” ujar Apsara Herman, VP Marketing Holcim Indonesia dalam rilis yang diterima INILAH.COM, Sabtu (3/11/2012).

Tahun ini merupakan yang ketiga kalinya kompetisi ini diselenggarakan, lebih dari 18.000 tukang bangunan ambil bagian di kompetisi ini sejak tahun 2010. Tahun 2011 tampil sebagai juara adalah tim ahli bangunan dari Tuban Jawa Timur.

Tahun 2012, final dilaksanakan 2 November 2012 di Cibubur, Jakarta dan tampil sebagai juara tim ahli bangunan dari Lampung. Selama pertandingan akan dipilih 17 pemain terbaik yang akan mewakili tim ahli bangunan dari Indonesia untuk berlaga di kompetisi bertajuk Asia Mason Cup di Srilangka, Desember 2012.

Apsara menyebutkan, sebelum berangkat mereka akan mendapat pelatihan intesif dari Rahmad Darmawan, mantan pelatih tim nasional.

Holcim Gala Bola, Apresiasi Holcim untuk Pekerja Konstruksi

Seperti direlease oleh Holcim dalam webtorialnya di viva.co.id,  membangun sebuah adalah impian setiap orang, dan setiap rumah memiliki kisahnya sendiri. Kisah ini tidak terlepas dari dukungan ahli bangunan yang berperan dalam pembangunan rumah.

Oleh karena itu, Holcim ingin memberikan apresiasi kepada para ahli bangunan atas pekerjaannya selama ini. Tentu saja dengan pendekatan dan juga bahasa yang bisa diterima oleh mereka. Salah satunya yaitu sepak bola, yaitu dengan menggelar Holcim Gala Bola.

Holcim Gala Bola adalah kompetisi sepakbola yang diselenggarakan  Holcim khusus untuk para ahli bangunan Holcim. Tahun 2012 ini merupakan tahun ketiga bagi Holcim dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Lewat kegiatan ini Holcim ingin menggugah semangat dan memberikan peluang kepada para ahli bangunan untuk menunjukkan kepiawaian mereka di bidang olahraga,  merasakan gempitanya liga utama sepak bola.

Bagi Holcim, ahli bangunan adalah mitra kerja. Dan bukan kali ini saja Holcim melakukan aktivitas yang melibatkan para ahli bangunan. Holcim biasa memberikan pelatihan-pelatihan melalui Akademi Ahli Bangunan Holcim yang diharapkan dapat meningkatkan skill atau ketrampilan para ahli bangunan di Indonesia. Selain itu, Holcim setiap tahunnya juga selalu mengapresiasi para ahli bangunan melalui program mudik bersama di musim lebaran.

Wah, saya yang juga bekerja di bidang konstruksi, ikut bangga bahwa salah satu produsen semen ikut memberikan perhatian pada para tukang bangunan, dengan program kejuaraan sepak bola khusus untuk tukang bangunan. Di perusahaan tempat saya bekerja, secara internal juga sering diselenggarakan even-even untuk kalangan pekerja konstruksi. Yang pasti adalah pelatihan-pelatihan untuk para pekerja, yang akan meningkatkan skill dan pengetahuan mereka tentang konstruksi. Dalam bidang olah raga, setiap peringatan 17-an, juga diadakan kejuaraan sepak bola di proyek, yaitu antar para subkontraktor, pekerja K3, pekerja safety dan bagian sekuriti (satpam). Tim proyek sendiri (baik engineering maupun supervisi lapangan) juga ikut terlibat dalam kejuaraan itu.

Saya berharap, semoga para tukang bangunan kita dapat meraih prestasi di ajang Piala Tukang Bangunan di Srilanka, Desember nanti. Prestasi itu tentunya akan membanggakan buat para tukang bangunan, yang selama ini bekerja keras dalam pembangunan konstruksi gedung, jembatan atau pun bangunan lainnya. Para pekerja adalah elemen terdepan dalam pembangunan konstruksi fisik, yang layak mendapatkan apresiasi yang baik, yang mampu memberikan dorongan semangat dalam bekerja dan berkarya.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kalahkan Norwich, Liverpool Kian Dekat …

Achmad Suwefi | | 20 April 2014 | 19:54

Ketagihan “Pecel Senggol” …

Hendra Wardhana | | 20 April 2014 | 16:01

Kebijakan Mobil LCGC Yang Akhirnya Membebani …

Baskoro Endrawan | | 20 April 2014 | 13:30

My Mother Is…? …

Salmah Naelofaria | | 20 April 2014 | 15:03

[Puisi Kartini] Petunjuk Akhir Event Puisi …

Fiksiana Community | | 20 April 2014 | 09:25


TRENDING ARTICLES

Awas Pacaran Sama Bule Player! Tips dari …

Cdt888 | 5 jam lalu

Mari Jadikan Sekolah Benar-Benar Sebagai …

Blasius Mengkaka | 7 jam lalu

Hargai Pilihan Politik Warga Kompasiana …

Erwin Alwazir | 8 jam lalu

Mandi Air Soda di Kampung, Ajaib! …

Leonardo Joentanamo | 9 jam lalu

Prediksi Indonesian Idol 2014: Virzha …

Arief Firhanusa | 9 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: