Back to Kompasiana
Artikel

Bola

Muhammad Nur,se

Just want to keep working until the end of life, like reading, writing, playing the selengkapnya

Siapa Erick Thohir, Pemilik Klub Bola DC United ?!

OPINI | 31 July 2012 | 23:46 Dibaca: 20712   Komentar: 17   0

1343734674398451811

Eric Thohir ( foto : zonabola.com )

Tak perlu terheran-heran kalau Indonesia bisa saja jadi juara Asia atau dunia antar Club kalau aturan permaianan dalam Klub Sepakbola profesional dapat menurunkan lebih dari 7 pemain asing dalam satu Klub, Tidak sedikit Orang Kaya di Indonesia mampu untuk mendatangkan pemain asing kaliber Internasional semisal Robin Van Persie, Luka Modric bahkan pemain sekelas Christiano Ronaldo.

Hal ini bisa kita buktikan bukan cuma Omong doang ( Omdong ) karena Pemilik klub NBA Philadelphia Sixers [Erick Thohir dan Jason Levien] dan keluarga Thohir asal Indonesia dapat membeli klub sepakbola DC United. Sekarang keluarga Thohir tak hanya identik dengan bola basket. Setelah mengelola tim basket Satria Muda, Indonesia Warriors, dan membeli sebagian saham klub NBA Philadelphia 76ers, keluarga Thohir merambah ke olahraga nomor satu di dunia, sepak bola.

13437350121578351517

Pemilik DC United ( foto : republika.co.id)

Untuk mengenal dari dekat keluarga Eric Thohir ini gambaran singkatnya,yang penulis kutip dari Sportku, Ayah Eric bernama Garibaldi Thohir, adalah seorang investment banker, berhasil menduduki posisi 1015 dunia [versi majalah Forbes pada bulan Maret 2012] atau orang terkaya ke-15 di Indonesia dengan total kekayaan mencapai $1,3 miliar [atau 12,6 triliun Rupiah].

Saat ini Gribaldi Thohor Ayah Eric menjabat sebagai Presiden Direktur Adaro Energy, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan terutama pengelolaan batu bara di Indonesia. Garibaldi Thohir memiliki panggilan kecil Boy sehingga orang terkadang menyebutnya sebagai Boy Thohir. Boy juga mengambil alih PT WOM Finance, perusahaan kredit yang berafiliasi dengan Honda Motor.

Tak tanggung-tanggung keluarga Thohir ini walau namanya belum masuk dalam 10 besar Orang terkaya di Indonesia Versi Forbes tapi pemilik bersama DC United Klub Sepakbola Amerika Serikat yang berlaga yang berlaga di Liga Sepak Bola AS, Major League Soccer (MLS). Pengambil-alihan saham klub bermarkas di Washington ini dilakukan oleh Erick Thohir bersama Jason Levien yang juga memiliki saham minoritas klub Sixers.

Hal ini Penulis ketahui dari wawancara dengan Eric Thohir di salah satu Media TV Swasta dan Media Sportku sebulan yang lalu, DC United pernah menjadi Juara Liga Amerika Serikat ( MLS ) sebanyak empat kali yaitu pada tahun 1996, 1997, 1999 dan 2004.

Menurut sumber DC United saat ini bermarkas di Stadion Robert F Kenedy (RFK) sejak tahun 1996. kabarnya sudah sejak lama DC United mencari kandang yang lebih representatif ketimbang Stadion RFK yang multi fungsi. karena stadion ini juga digunakan untuk pertandingan American Footbal dan bisbol.

Eric Thohir dalam wawancara itu berharap dapat memberi perkembangan yang baik bagi pesepakbola mudah berbakat yang ada di Indonesia untuk berlatih di DC United, peluang itu akan jadi nyata bila pemain muda kita mempunyai ambisi yang kuat untuk menjadi pemain berkaliber internasional. Maka tak berlebihan kalau kita menyebut Eric sebagai Pioner Olahraga Prof yang dapat memicu kemajuan Olehraga utamanya Bola di Indonesia.

Kita pantas mengacungkan jempol Buat Eric sebagai figur muda yang konsen pada Olahraga uatamnya Sepabola membuat kita bangga sayang Klub yang diakusisi ada di Amerika, dan kalau saja ada Orang Kaya Indonesia lain yang muncul sama seperti Eric dan membeli para pemain kaliber dunia untuk dimainkan di Klub Profesional di Indonesia maka mimpi Indonesia untuk menjadi Juara Asia Sepakbola Profesional akan terwujud yang dampaknya dapat mempengaruhi terhadap iklim kemajuan persepakbolaan Nasional***

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Gedung Flora di Malang …

Abdul Malik | | 02 August 2014 | 08:36

Yuk Kenali Serba-serbi Njagong …

Giri Lumakto | | 01 August 2014 | 23:14

Akankah 3-5-2 Menggeser Tren 4-2-3-1? …

Muhamad Rifki Maula... | | 01 August 2014 | 23:30

Di Balik Akasia …

Langit Senja | | 01 August 2014 | 08:37

Ikuti Lomba Resensi Buku Tanoto Foundation! …

Kompasiana | | 11 July 2014 | 16:12


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: