Back to Kompasiana
Artikel

Bola

Zedi

penggemar berat club bola dari sebuah kota yang penuh dengan sejarah. kota Firenze, Tuscany, Italy

Pengakuan dan Komentar Mereka tentang Gabriel Omar “Batigol” Batistuta

OPINI | 05 August 2011 | 19:09 Dibaca: 2617   Komentar: 1   0

batigol

Siapa yang tak kenal GABRIEL OMAR BATISTUTA, stiker kondang yang juga merupakan top sekorer sepajangmasa TIMNAS Argentina. gol-golnya di timnas telah melampaui catatan Gol legenda Argentina lainya, seperti Diego Maradona, Daniel Pasallela, dan Mario Cempes sekalipun.

Berikut ini adalah berbagai komenyar mereka tentang kehebatan seorang GABRIEL OMAR BATISTUTA atau biasa disebut BATIGOL :

1ᐮ Julinho Botelho

(Gelandang Sayap Fiorentina tahun 50-an) :

“Saya melihat gol Gabriel melalui TV saat melawan MU. Gol itu menegaskan kualitasnya sebagai seorang striker; kekuatan fisik, tendangan yang bertenaga, kemampuan membaca permainan. Mengingatkan saya sewaktu masih menjadi center forward di fiorentina. Gabriel mempunyai kemampuan lengkap, mudah untuk melihat bahwa dia adalah seorang pemimpin. Gabriel menghabiskan karir di Firenze dimana dia menjadi idola. Saya kembali ke Brazil setelah tiga tahun di Firenze dan itu merupakan kesalahan besar. “

(Sumber : La Gazzetta dan Buletin VCI/Desember 1999)

2ᐮ Kurt Hamrin

(Penyerang Legendaris Fiorentina tahun 60-an) :

“Gabriel, percayalah ketika saya mengatakan bahwa saya mengakui posisi saya sebagai La Viola Leader telah di lampaui oleh anda. Mencetak 152 gol dalam 8 tahun di Liga Seri A, menurut saya adalah sebuah rekor. Hal itu menunjukkan bahwa anda adalah striker yang komplit, selalu mencetak gol, sebab gol anda merupakan keberuntungan bagi Fiorentina dan kebahagiaan bagi tifosi La Viola. 238 gol yang saya buat di Italia, 200 diantaranya dalam seragam La Viola, 57 di Liga Swedia, dan 17 di tim nasional. Jika anda telah mengakhiri karir di dunia sepakbola, kita akan membandingkan lagi hasilnya, saya yakin anda akan melampaui apa yang telah saya peroleh.

(Sumber : La Gazzetta dan Buletin VCI/Desember 1999)

3ᐮ Giancarlo Antognoni

(Playmaker Fiorentina tahun 70-an) :

“Gabriel Batistuta. Saya bisa saja mengutip ribuan episode yang membuktikan kehebatan dia dan menunjukkan sisi kemanusiaan. Tetapi saya lebih suka menggambarkan dirinya melalui tiga hal : Gol indah di Wembley saat melawan Arsenal, pecahnya rekor Kurt Hamrin, dan sikap Bati setelah mencetak gol dan memperlihatkan t-shirt pemberian seorang anak kecil bernama Antohny yang sedang menderita Leukemia.”

(Sumber: La Gazzetta dan Buletin VCI/Desember 1999)

4ᐮ Giovanni Trapattoni

(Mantan Pelatih Fiorentina) :

“ Batistuta adalah Batistuta, tak ada seorang penyerang pun dari klub yang pernah saya tangani memiliki kehebatan seperti Batistuta. Bahkan seorang Roberto Bettega yang pernah mengoleksi 17 gol ketika saya pertama menangani Juventus pun tidak sehebat Batigol. Batistuta juga merupakan fenomena, ia memiliki kebanggan sebagai pemain yang sangat tinggi. Dia seorang penyerang dan pemimpin yang bisa menularkan semangatnya untuk menang kepada rekan-rekannya. Batistuta adalah pemilik Firenze. Saya tidak mau menangani Fiorentina tanpanya, saya bisa membawa Fiorentina ke tempat terhormat bila Bati tetap menjadi kaptennya. Selagi ada Batistuta saya selalu yakin Fiorentina bisa meraih kemenangan, apalagi jika ia mencetak gol. Selain itu, di sisi lain Bati mirip Platini. Ia tidak pernah menyulitkan saya, tidak pernah ngambek dan bolos latihan. Batistuta adalah seorang pemimpin, sebab ia selalu menjadi contoh. Ia selalu datang 30 menit sebelum latihan dan selalu yang paling akhir pulang. Andai dia seorang Italiano, satu tempat tersedia baginya”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Januari 1999)

5ᐮ Fabio Capello

(Pelatih AS Roma) ;

  • “ Saya hanya mau menegaskan kepada anda bahwa Batigol adalah seorang pemain yang diimpikan oleh semua klub besar di dunia ini. Mengapa ? karena dia memang seorang pemain yang memiliki kelas tersendiri. Dia memiliki kekuatan, bakat, dan kharisma, singkatnya segalanya. Karena itu menurut saya , jumlah yang diberikan kepada Batigol senilai 70 Miliar Lira sebetulnya tidak banyak. Saya tidak setuju bila ada yang mengatakan penawaran Roma terhadap Batigol terdengar gila. Tetapi apakah tidak mungkin seseorang seperti Batigol memilih Roma karena alasan lain. Mengapa anda mengatakan bahwa Roma hanya bisa mendapatkan pemain sepertinya dengan menawarkan hal-hal gila.”

(Sumber : La Gazzetta/Mei 2000)

  • “Dalam skema saya Bati adalah pilihan utama. Jika ia tidak diturunkan, tentu saya punya alasan yang kuat. Jika ia tidak fit, maka jangan harap akan diturunkan. Bati adalah seorang pemain istimewa. Lihat setelah ia hadir ke Roma, gelar juara bisa direbut. Kehadirannya mampu menggangu konsentrasi lawan. Kami beruntung memilikinya. Saya harus mengakui bahwa dengan adanya Bati diantara teman-temannya segala sesuatunya lebih baik. Pelatih tolol yang menempatkannya di bangku cadangan saat dia fit.”

( Sumber: Tabloid Bola/Januari 2002)

6ᐮ Moreno Torricelli

(Bek Fiorentina) ;

“Dulu ketika saya masih bermain di Juventus, saya selalu cemas bila harus berhadapan dengannya. Semalaman gelisah dan susah tidur. Sebab ia pemain yang begitu hebat. Sekarang saya satu tim dengannya, dan saya pun merasakan sendiri nilanya sebagai anggota tim. Ia selalu bisa mengatakan hal tepat pada waktu yang tepat pula. Bagi saya ia yang terbaik di luar dan di dalam lapangan. Bila ada 10 orang saja seperti dia, kami bisa menjadi tim yang hebat bukan hanya di Italia tetapi di dunia.”

(Sumber : La Gazzetta dan Buletin VCI/ Maret 2000)

7ᐮ Predrag Mijatovic

(Striker Fiorentina dan Yugoslavia) :

“Salah satu alasan saya pindah ke Fiorentina karena di sana ada Gabriel Batistuta. Siapa yang tidak tersanjung bermain dengan striker sehebat dia?”

(Sumber : Tabloid Bola/ April 1999)

8ᐮ Tomas Repka

(Bek Fiorentina dan Rep. Ceko) :

“Tidak ada satu klub pun yang memilik penyerang sehebat Batistuta. Batistuta bisa mendorong semua pemain untuk meraih juara. Jujur saja, kami kurang pengalaman dibanding tim besar lainnya, tapi sekarang kami mempunyai kapten sekaligus motivator yang sangat antusias membawa Fiorentina ke puncak.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Januari 1999)

9ᐮ Daniele Adani

(Bek Fiorentina) :

“Meskipun Serie A dan Liga Champion berbeda, tetapi bila kita setiap hari sering latihan bareng bintang sekaliber Gabriel Batistuta, maka kita tidak akan merasa gentar dengan nama besar lain dari klub lain. Saya tidak pernah minder menghadapai Ronaldo, Rivaldo, Yorke, Cole, Kluivert, Bergkamp, Kanu, bahkan Suker dan Lopez sekalipun. Meski akhirnya kami tidak lolos ke babak perempatfinal Liga Champion, itu bukan karena kami bukan tim yang baik. Sekali lagi saya katakan, kami tidak pernah takut menghadapi siapapun selama kami mempunyai Gabriel Batistuta.”

(Sumber : La Gazzetta dan Buletin VCI/Februari 2000).

10ᐮ Giorgis Vakouftsis

(Striker Primavera Fiorentina):

“Saya senang bisa menggantikan posisi Batistuta yang cedera. Tapi, Batistuta tidak bisa digantikan, ia yang terbaik di seluruh dunia.”

(Sumber : La Gazzetta dan Buletin VCI/Februari 2000)

11ᐮ Javier Adelmar Zanetti

(Kapten Inter Milan asal Argentina) :

“ Batigol sangat hebat. Di dalam kotak penalti, ia seorang pembunuh sejati.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/2000)

12ᐮ Juan Sebastian Veron

(Playmaker Argentina):

“Tidak semua tim mempunyai senjata rahasia seperti tim Tango. Kami punya Batigol, dialah yang terhebat.’

(Sumber : KompasApril 2002)

13ᐮ Sir Alex Ferguson

(Pelatih tersukses Manchester United):

“Saya adalah salah satu pelatih yang mengagumi Batistuta. Sudah lama saya menginginkan Batistuta di Old Trafford dan berada dalam daftar pemain The Red Devils.”

(Sumber : Football 365 dan Buletin VCI/Februari 2000)

14ᐮ Karl Heins Rummenigge

(Mantan Bomber Kondang Jerman) :

“Bati adalah penyerang tulen. Dia mempunyai apa yang seharusnya dimiliki seorang penyerang. Tembakan kaki kanannya keras dan akurat.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

15ᐮ Lothar Matthaus

(Mantan Libero tangguh Jerman) :

“Tujuh tahun di Fiorentina, ia selalu mencetak gol. Gol-golnya terbilang indah.’

(Sumber : Majalah Hai/1996)

16ᐮ Thomas Brolin

(Mantan Pemain Nasional Swedia) :

“Batistuta adalah fenomena.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

17ᐮ Francesco Baiano

(Mantan tandem Batistuta di Fiorentina) :

“Setiap Bati mencetak gol, saya merasa itu juga gol saya. Ini mungkin karena kedekatan saya dengannya. Dia teman baik saya di lapangan dan di luar lapangan.’

(Sumber : Majalah Hai/1996)

18ᐮ Dennis Bergkamp

(Mantan Penyerang Nasional Belanda) :

“Ia adalah pemain dengan karakter luar biasa. Kehebatannya menggempur gawang lawan, sangat mematikan.”

(Sumber : Majalah Hai/1996).

19ᐮ Dino Baggio

(Mantan Gelandang Nasional Italia) :

“Kalau George Weah bisa menghasilkan satu gol dalam setiap pertandingan. Bati dua.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

20ᐮ Rui Barros

(Mantan Pemain Nasional Portugal):

“Dia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Weah, yaitu mencetak gol.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

21ᐮ Daniel Passarella

(Mantan Pelatih Nasional Argentina):

“Dia hanya memiliki kaki kanan yang luar biasa, tapi saya juga agak kaget, dia benar-benar dahsyat.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

22ᐮ Alessandro Altobelli

(Mantan Striker Italia) :

“Hanya ada satu kata buat Bati, mengagumkan! Ia selalu mencetak gol di setiap pertandingan.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

23ᐮ Gigi Riva

(Mantan pemain Italia) :

“Pada tahun-tahun terakhir ini, tak ada pemain sebaik dia kalau sudah berada di jantung pertahan lawan.’

(Sumber : Majalah Hai/1996)

24ᐮ Aldo Serena

(Mantan Striker Italia) :

“Dia pemain dengan kualitas yang tinggi dan bisa menyesuaikan diri dengan permainan modern secara baik. Dia memiliki fisik yang kuat, keceriaan, tendangan kaki kanan yang keras, kecepatan, dan kepribadian yang kuat juga, yang sering membuat ia tampil beda. Di daerah 30-40 meteran, dengan bola di kaki dia hebat.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

25ᐮ Claudio Ranieri

(Mantan Pelatih Fiorentina):

“ Bati adalah kekuatan dan nafas tim.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

26ᐮ Gianluca Pagliuca

(Mantan kiper Inter Milan dan Italia) :

“Bati memiliki kekuatan dan teknik tinggi. Dia memiliki semua yang dibutuhkan seorang penyerang.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

27ᐮ Emiliano Mondonico

(Mantan pelatih Atalanta) :

“Batistuta itu sangat berbahaya.”

(Sumber : Majalah Hai/1996)

28ᐮ Glenn Hoddle

(Mantan pelatih nasional Inggris) :

“Dia mempunyai naluri mencetak gol yang baik. Dan yang saya suka darinya, dia memperlihatkan hal itu dalam permainannya. Ia mampu bekerjasama dengan rekan-rekannya. Dia merupakan salah satu pemain yang jarang membuat kesalahan di kotak penalti.”

(Sumber : Media Indonesia/Juni 1998)

29ᐮ Alan Shearer

(Mantan Penyerang Nasional Inggris):

“Mencetak 48 gol dalam 67 pertandingan internasional merupakan rekor yang luar biasa. Tak seorang striker pun mampu melakukannya. Itulah yang patut diperhitungkan dari dia. Selain itu, dia punya postur yang baik, kuat dan bertenaga. Ia pandai menciptakan peluang. Ia pernah menjadi top scorer di kompetisi Liga Italia. Jadi jelas ia striker yang tak perlu diragukan.”

(Sumber : Media Indonesia/Juni 1998)

30ᐮ Paul Scholes

(Gelandang Nasional Inggris dan MU) :

“Duet Batistuta dengan Ortega lah yang membuat Argentina sangat berbahaya. Mereka pintar dan cepat, terutama Batistuta.”

(Sumber : Media Indonesia/Juni 1998).

31ᐮ Darren Anderton

(Mantan Pemain Nasional Inggris) :

“Batistuta adalah salah satu pemain terbaik di dunia, dan rekor gol internasionalnya sungguh mengagumkan. Jangan coba-coba menyepelekan dia, kita tidak boleh lengah sedikitpun bila berhadapan dengannya.”

(Sumber : Media Indonesia/Juni 1998)

32ᐮ Gareth Southgate

(Bek Nasional Inggris) ;

“Batistuta masih memiliki insting membunuhnya. Saya sangat terkesan dengan permainan Argentina, tetapi Batistuta sungguh luar biasa. Ia masih yang terbaik di dunia. Ia amat tangguh dan jika ada peluang, ia langsung membidik dan menembak.”

(Sumber : Tabloid Bola/Juni 2002)

33ᐮ Guus Hiddink

(Mantan Pelatih Nasional Belanda) :

“Tim manapun yang menghadapi tim Argentina dan Fiorentina, yang lebih penting adalah mengatur irama sektor pertahanan. Apalagi mereka mempunyai penyerang berbahaya sekelas Batistuta.”

(Sumber : Media Indonesia/Juni 1998)

34ᐮ Paolo Montero

(Bek Juventus) :

“Ia merupakan penyerang terbaik di dunia. Saya menyukai gayanya yang tak kenal rasa takut, bertenaga, dan selalu mengancam gawang lawan. Ia tipe kapten kesebelasan ideal.”

(Sumber : Majalah Hai/1995)

35ᐮ Christian Vieri

(Penyerang Nasional Italia) :

“Lupakan membanding-bandingkan saya dengan Batigol. Dia adalah seorang penentu kemenangan. Dialah ujung tombak terbaik di dunia.”

(Sumber : Italian Football dan Majalah Liga Italia/Maret 1999)

36ᐮ Hernan Jorge Crespo

(Penyerang Nasional Argentina):

“Tendangan kaki kannnya sangat keras, itulah salah satu kelebihannya. Saya berangan-angan untuk bisa menggantikan peran Batistuta di tim nasional, tapi dia baru 30 tahun dan saya bahagia sekali bisa mendampinginya di tim nasional. Banyak orang yang mengatakan saya sebagai ahli waris Batigol lantaran kehebatan saya mencetak gol. Tapi saya rasa saya belum ada apa-apanya. Usia saya masih muda jangan bandingkan saya dengan Batigol. Di mata saya, Batigol seorang pemain besar, produktifitasnya tak tertandingi.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/ Februari 1999)

37ᐮ Roberto Baggio

(Pemain Legendaris Fiorentina) :

“Setelah kehilangan saya, Fiorentina beruntung mempunyai seorang penyerang yang fantastis sekelas Batistuta. Tapi sayang dia berada di klub yang tidak terbiasa juara. Saya sudah pernah bermain dengan para pemain bintang dunia, tetapi ada seseorang dari mereka yang saya ingin sekali bermain bersama tetapi tidak akan pernah bisa. Dia adalah Batistuta.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Februari 1999)

38ᐮ Andrii Shevchenko

(Penyerang Nasional Ukraina dan AC Milan) :

“Janganlah selalu membanding-bandingkan saya dengan Ronaldo, dia bukan idola saya. Batistuta-lah idola saya. Memang ada beberapa stiker Serie A yang saya akui begitu hebat. Tapi, Gabriel Batistuta adalah yang terbaik. Ia penyerang yang lengkap.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Juli 2000)

39ᐮ Marcio Amoroso

(Mantan Penyerang Udinese) :

“Duet penyerang paling hebat adalah Batistuta-Edmundo. Sedangkan trio penyerang paling ideal adalah Batistuta-Bierhoff-Ronaldo. Tak ada keraguan bagi saya untuk selalu menyebut nama Batistuta. Dia adalah sebuah fenomena.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Maret 1999)

40ᐮ Luiz Ronaldo

(Penyerang Nasional Brazil) :

“Saya pernah meminta secara khusus pada Moratti untuk membeli Batistuta dan diduetkan dengan saya. Sayang itu tak pernah kesampaian dan saya selalu mengharapkannya.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Desember 1998)

41ᐮ Jose Luis Chilavert

(Penjaga Gawang Nasional Paraguay) :

“Batistuta itu bintang besar. Boleh-boleh saja semua orang menyebut Ronaldo yang terbaik, tapi di kotak penalti Batistuta lebih baik daripada Ronaldo.”

(Sumber : Tabloid Bola/1998)

42ᐮ Youri Djourkaeff

(Pemain Nasional Prancis) :

“Kegigihan Batigol berhasil membuat lawan bergetar. Gol demi gol ia cetak sehingga jumlahnya bertambah. Batigol sangat gemilang, ia juga mampu mengoleksi lebih dari 20 gol setiap musim dan pernah meraih gelar top scorer di liga Italia. Memang secara tim saya melihat Fiorentina tidak hebat, tapi secara individu saya angkat jempol buat Batigol. Fiorentina akan merasa sangat kehilangan bila dia pergi. Banyak orang yang berpendapat bahwa salah satu kelemahan di tim La Viola adalah kapten. Menurut saya kelemahannya bukan terletak pada kapten tetapi ketiadaan penyerang yang efektif mencetak gol sekelas Batistuta.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Januari 1999)

43ᐮ Hector Tapia

(Pemain Nasional Chili) :

“Saya memuja Gabriel batistuta sejak kecil. Dia adalah striker sempurna. Saya ingin bermain bersamanya suatu saat nanti.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/2000)

44ᐮ Nikos Machlas

(Penyerang Nasional Yunani) :

“Nama Batistuta tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Seorang striker berkharisma, juga dapat menjadi defender yang gigih. Sangat mengharukan melihat kesetiannya pada Fiorentina, menampik begitu banyak tawaran dari klub-klub besar. Seseorang yang tidak pernah membuang kesempatan di lapangan dan seorang gentleman di luar lapangan.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

45ᐮ John Bosman

(Penyerang AZ ):

“Batistuta nomor satu bagi saya adalah masuk akal. Dia telah berada di level yang tinggi sejak lama. Kita berbicara tentang Liga Italia, bukan Liga Belanda. Bertahan begitu lama di Serie A berarti memiliki kemampuan yang tidak sembarangan.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

46ᐮ Robin Nelisse

(Penyerang Cambuur) :

“Batistuta sudah pasti striker terbaik saat ini. Caranya menyelesaikan tembakan saya rasa tidak ada yang bisa melakukannya. Hampir setiap kesempatan menjadi gol. Pasti tak ada ampun.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

47ᐮ Eric Viscaal

(Penyerang De Graafschap) :

“Batistuta adalah striker yang istimewa karena dia selalu mencetak gol yang istimewa. Apakah itu melalui tendangan bebas, bola liar, atau melalui kepala. Semuanya itu bukan merupakan masalah baginya.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

48ᐮ Ronald Hamming

(Penyerang Fortuna Sittard) :

“ Bila Batistuta berada di depan gawang, ia lebih berbahaya dari Rivaldo, meskipun saya lebih suka menyaksikan aksi Rivaldo.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

49ᐮ Dennis De Noijer

(Penyerang SC Heerenveen) ;

‘Hal yang paling menarik dari Batistuta adalah kharismanya, dia benar-benar pantas menjadi pemain terbaik. Selain itu ia selalu membuat gol yang penting, tidak pernah membuat gol ketiga atau keempat ketika pertandingan sudah dimenangkan. Dan ia selalu berusaha untuk itu, tidak pernah hanya menunggu bola mendatanginya.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

50ᐮ Jack De Gier

(Penyerang NEC) :

“Bahwa Batistuta nomor satu adalah hal logis bagi saya. Bila bisa mencetak begitu banyak gol di Serie A, maka anda adalah fenomena. Batistuta memancarkan kepercayaan diri, ia bermain dengan sepenuh hati dan sangat menjiwai perannya di lapangan.”

(Sumber : World Soccer/1999).

51ᐮ Harry Van Der Laan

(Penyerang FC Den Bosch) :

“Banyak stiker  yang memiliki sebuah keahlian. Tetapi Batistuta memiliki semuanya. Dia mencuri bola dan langsung menembakkan ke gawang. Dia merupakan impian bagi semua pelatih di dunia.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

52ᐮ Ruud Van Nistelrooy

(Striker belanda dan Manchester United) :

“Pilihan nomor satu saya tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Batistuta adalah gol.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

53ᐮ Rick Hoogendorp

(Penyerang RKC) ;

“Bersama Batistuta semuanya tampak begitu mudah. Kadang saya membandingkan diri saya dengannya. Saya juga membuat gol dari berbagai sudut dan posisi. Hanya saja ia bermain di klub yang besar sedangkan saya tidak.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

54ᐮ Bob Peeters

(Penyerang Roda JC) :

“Batistuta adalah the killer, striker yang selalu membuat gol.  Mencetak gol sedemikian banyak di liga seperti Serie A membuktikan kehebatannya. Sebenarnya sangat luar biasa dia dapat bertahan begitu lama di Italia. Vieri sedang berjuang untuk mengikuti jejak Batistuta. Tapi dia masih belum selevel dengan Batistuta.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

55ᐮ Bram Marbus

(Striker Sparta Rotterdam) :

“Batistuta sangat terfokus, selalu mencetak gol dimana-mana, apakah itu di Serie A, Liga Champions, atau di tim nasional. Kadang ia terlihat agak egois, tetapi begitulah pemain dari Amerika Selatan. Pemain bola dari Argentina biasanya memiliki ego yang besar.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999).

56ᐮ Jan Vennegoor Of Hesselink

(Striker Belanda dan PSV) :

“Batistuta adalah pembunuh sejati dan hanya memikirkan satu hal: mencetak gol! Bahkan sampai sekarang dia membuktikan bahwa dia adalah striker hebat sejati.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

57ᐮ Pierre Van Hooijdonk

(Striker Belanda) ;

“Saya mengangkat topi buat Batistuta. Jika kamu membuat banyak gol selama bertahun-tahun di liga terberat di dunia, maka kamu adalah yang terbaik.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999)

58ᐮ Mariano Bombarda

(Striker Willem II asal Argentina) :

“Batistuta menduduki peringkat satu di daftar saya. Dia hanya membutuhkan sedikit kesempatan untuk mencetak gol.”

(Sumber : Majalah World Soccer/1999).

59ᐮ Julio Ricardo Cruz

(Striker Argentina) :

“Gabriel Batistuta adalah seorang pendekar besar. Ia adalah pemain yang paling dicintai masyarakat Argentina.”

(Sumber : Majalah Liga Italia dan Tabloid Bola/Februari 2002)

60ᐮ Vincenzo Montella

(Penyerang AS Roma) :

  • “Saya yakin bisa bekerjasama dengan baik dengan striker seperti Batistuta.”

(Sumber : La Gazzetta dello Sport/Mei 2000)

  • “Saya tidak akan memberikan kostum No.9 pada Bati, kaus ini mutlak menjadi milik saya. Saya juga tidak peduli dengan cedera yang dialaminya saat membela Argentina, karena Totti bilang pada saya bahwa Batistuta tidak terlalu penting bagi Roma.”

(Sumber : Tabloid Bola/September 2000)

61ᐮ Aldair Dos Santos

(Bek AS Roma) :

“Batistuta adalah satu dari sedikit pemain yang bisa membuat segalanya menjadi berbeda. Saya sering harus menjaganya, di pertandingan internasional dan Serie A. Ia adalah pemain yang bisa mengubah permainan dan tidak banyak orang sepertinya di dunia.’

(Sumber : La Gazzetta/Mei 2000)

62ᐮ Marco Delvecchio

(Striker AS Roma) :

“Saya berharap Batistuta mau ke Roma, ia merupakan pembelian penting, tindakan yang indah.”

(Sumber : La Gazzetta/Mei 2000)

63ᐮ Antonio Carlos Zago

(Bek AS Roma) :

“Bila ia bergabung bersama kami, itu adalah hal terbaik bagi kami, sehingga kami bisa melupakan kegagalan kami ke Liga Champions, Ia adalah penyerang yang selalu saya idolakan. Orang yang bisa membuat perubahan di tim kami. Dan kami akan bermain untuknya.’

(Sumber : La Gazzetta/Mei 2000)

64ᐮ Zdenek Zeman

(Mantan Pelatih As Roma) ;

“Batistuta telah berada di Firenze selama 9 tahun. Waktu yang sangat lama. Ia seperti simbol di sana, dan tetap menjadi simbol meski sudah tidak ada lagi. Ia penyerang hebat, yang membantu timnya dengan gol-golnya, dan menjadi image bagi klubnya.”

(Sumber : La Nazione/Mei 2000)

65ᐮ Gianni Agnelli

(Presiden Kehormatan Juventus) ;

“Harga transfer Batistuta ke Roma memang mahal tapi ia yang terbaik. Ia memang bagus dan yang terbaik dari semua yang ada.”

(Sumber : Tabloid Bola/Mei 2000).

66ᐮ Pele

(legenda Brazil) :

“Nilai 70 Miliar itu jangan dicerca karena Roma pasti sudah memperhitungkan untung ruginya. Sebagai seorang profesional, amat wajar jika lima persennya masuk ke kantung super-player seperti Batigol.’

(Sumber : Tabloid Bola/Mei 2000)

67ᐮ Francesco Totti

(Playmaker AS Roma) ;

“Kalaupun ada orang yang sukses menahan kepergian saya dari sini bukan Sensi, tapi Batistuta. Saya tidak bisa lebih gembira lagi dari ini. Saya selalu menganggap Batistuta sebagai striker terbaik di dunia saat ini, dan saya sangat tergoda bila memikirkan akan bermain bersamanya. Saya sudah tidak sabar untuk memberi asisst baginya. Batistuta ditakdirkan menjadi pemimpin, sekarang ia datang ke Roma dan memimpin kami. Saya tidak merasa khawatir kecintaan publik Roma beralih pada Batigol, karena ia memang pantas mendapatkannya. Saya siap melakukan yang terbaik bagi Roma. Kalau saya harus memberikan kaus No. 10 saya kepada Batistuta untuk meredakan ketegangan antara Montella dan dirinya menyangkut kostum No.9 dan menyenangkan rekan-rekan se-klub, saya siap melakukan itu.”

(Sumber : Tabloid Bola/Mei 2000)

68ᐮ Abel Eduardo Balbo

(Sahabat Baik Batigol) :

“Ia layak mendapatkan segalanya di AS Roma, karena tak satupun menyamainya soal mencetak gol sekarang ini, baik kala main buruk atau bagus. Ia juga pemimpin yang baik.”

(Sumber : Tabloid Bola/Juni 2000)

69ᐮ Hidetoshi Nakata

(Pemain Nasional Jepang) :

“Tidak diragukan lagi kami (Roma) adalah tim kuat sekarang. Terutama setelah kedatangan Bati. Lazio boleh membeli Crespo. Tapi pengalaman Bati lebih baik dari Crespo.’

(Sumber : Majalah Haisoccer/Juli 2000)

70ᐮ Edmundo Alves

(Mantan Striker Fiorentina) ;

“Batistuta tidak dan takkan pernah bisa digantikan. Bati adalah pemimpin dan pemain hebat, seseorang yang bisa membangkitkan semangat ketika sedang jatuh. Seorang Batistuta sama dengan satu tim. Dan ia sangat penting artinya bagi Firenze. Saya bahkan berani mengatakan bahwa kedatangan Rivaldo-pun masih belum bisa menjadi kompensasi kehilangan Batistuta.’

(Sumber : La Gazzetta/Agustus 2000)

71ᐮ Nuno Gomes

(Striker Portugal dan Fiorentina) :

“Saya tidak mengangap diri saya sebagai pengganti Batigol, bahkan saya tidak mau dibandingkan dengannya. Gabriel adalah “Son of Firenze” dan belum ada yang bisa menggantikannya. Tetapi tugas saya sama dengannya, yaitu mencetak gol. Saya akan berusaha memuaskan keinginan tifosi. Saya tidak akan menggunakan kostum No. 9, saya tidak mau menjadi bayang-bayang Batistuta. Saya menyukai kostum No. 21.”

(Sumber : La Gazzetta/Juli 2000)

72ᐮ Leandro

(Striker Fiorentina) :

“Menggantikan Batistuta tidak mudah bagi siapa pun, tetapi saya akan mencoba apapun agar bisa melakukannya. Saya sangat ingin melakukan hal terbaik dan saya siap mempelajarinya.”

(Sumber : Kataweb/Juli 2000)

73ᐮ Enrico Chiesa

(Striker Fiorentina) :

“Batistuta adalah salah satu idola saya disamping Pele. Crespo dan Batigol adalah bintang transfer liga Italia tahun ini. Siapa yang terbaik? Kita akan segera mengetahuinya. Saya kenal keduanya, mereka sangat kuat, tetapi Crespo punya keuntungan, ia akan bermain bersama begitu banyak pemain Argentina yang telah dikenalnya dengan baik, ia punya kerjasama yang baik dengan Veron. Sedangkan Batistuta akan menemukan dirinya sekali lagi dikelilingi musuh-musuh besarnya dari Brazil. Meski demikian bola itu bundar.”

(Sumber : Kataweb/Agustus 2000).

74ᐮ Manuel Rui Costa

(Playmaker Portugal) :

  • “Saya selalu merindukan  Gabriel Batistuta di tim nasional Portugal.. Dialah yang terbaik.”

(Sumber : Majalah Hai/Juli 2000)

  • “Rasanya shock ia tak di sini lagi. Saya coba memahami perasaan apa yang telah terjadi. Persahabatan saya dan Bati tak akan putus, kecuali di atas lapangan karena dia sudah berganti kostum. Mendunianya Fiorentina tak lepas dari jasanya. Terima kasih Bati. Benar saya bangga karena diberi kepercayaan memakai ban kapten, tapi ini tak sebanding dengan perginya sang juara sejati.”

(Sumber : Tabloid Bola/Mei 2000)

75ᐮ Paul Ince

(Mantan pemain Inter Milan) :

“Gabriel Batistuta adalah lawan terberat saya ketika membela Inter Milan. Kalau akan bertanding melawan Fiorentina, kami selalu membicarakan dirinya dulu. Dialah jagoan mereka, kalau Anda bisa membungkam permainannya, maka Anda bisa memenangkan pertandingan. Dan itulah sumber kesulitan yang terberat. Ya, Batigol.”

(Sumber : Majalah Liga Italia/Desember 2000)

76ᐮ Francesco Toldo

(Mantan Kiper Fiorentina) :

‘Dengan membeli beberapa pemain baru yang bagus, Bati  akan senang. Ia selalu mencetak 20-25 gol dan ia tidak mudah digantikan, mungkin saja ia tidak akan pergi.”

(Sumber : Calciomercato/Mei 2000).

77ᐮ Ugo Poggi

(Wakil Presiden Fiorentina) :

“Kami tidak akan pernah menemukan pengganti Batigol. Tetapi Montella, Salas, dan Recoba bisa menjadi pengganti yang cukup  baik.”

(Sumber  : Calciomercato/17 Mei 2000)

78ᐮ Sven Goran Eriksson

(Pelatih Nasional Inggris) :

“Saya selalu membayangkan Batigol dalam tim yang saya tangani. Saya ingin menduetkannya dengan Owen.”

(Sumber : Tabloid Bola/Januari 2000)

79ᐮ Angelo Di Livio

(Pemain Fiorentina) :

“Sebelum melihat Bati sebagai pemain, Anda harus melihatnya lebih dulu sebagai seorang lelaki. Mentalnya luar biasa, seperti orang Inggris dan Jerman.”

(Sumber : Tabloid Bola/Mei 2000)

80ᐮ David Trezeguet

(Striker Prancis) ;

“Gabriel  memiliki pengaruh besar terhadap rekan-rekannya di dalam maupun di luar lapangan. Sehingga mampu memotivasi kerjasama tim dengan sempurna. Sikap sederhananya yang selalu menganggap semua pihak sederajat selalu membuat saya kagum padanya.”

(Sumber : Majalah Haisoccer/Juli 2000)

81ᐮ Raul Alberto Gonzales

(Striker Brescia) :

“ Saya ingin mencetak gol di hadapan Gabriel. Namun jika saya gagal melakukannya, tak apa, saya ingin meminta Gabriel membuka rahasia kehebatannya.”

(Sumber :Tabloid Bola/2000)

Sumber :Dokumenter VCI (Viola Club Indonesia).

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Paskah di Gereja Bersejarah di Aceh …

Zulfikar Akbar | | 19 April 2014 | 08:26

Apakah Pedofili Patut Dihukum? …

Suzy Yusna Dewi | | 19 April 2014 | 09:33

Jangan Prasangka Pada Panti Jompo Jika Belum …

Mohamad Sholeh | | 19 April 2014 | 00:35

Perlukah Aturan dalam Rumah Tangga? …

Cahyadi Takariawan | | 19 April 2014 | 09:02

Memahami Skema Bantuan Beasiswa dan Riset …

Ben Baharuddin Nur | | 18 April 2014 | 23:26


TRENDING ARTICLES

Sstt, Pencapresan Prabowo Terancam! …

Sutomo Paguci | 6 jam lalu

Mengintip Kompasianer Tjiptadinata Effendi …

Venusgazer™ | 14 jam lalu

Suryadharma Ali dan Kisruh PPP …

Gitan D | 14 jam lalu

Kasus Artikel Plagiat Tentang Jokowi …

Mustafa Kamal | 17 jam lalu

Timnas U 19: Jangan Takut Timur Tengah, …

Topik Irawan | 17 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: