Back to Kompasiana
Artikel

Balap

Yayat

Maniak MotoGP, cinta mati sama Valentino Rossi dan suka curhat di @daffana

Jelang MotoGP Jerez, Rossi Harus Juara

REP | 01 May 2013 | 14:50 Dibaca: 1491   Komentar: 58   5

1367395665838331664

Harus menang Vale (dok.motogp.com)

Minggu ini, 5 Mei 2013 ada seri ketiga MotoGP 2013 yang akan berlangsung di Jerez, Spanyol. Sirkuit Jerez adalah sirkuit favoritnya Valentino Rossi, jadi hasil jelek Austin kemungkinan tipis bisa terulang di sini. Jerez punya 5 tikungan ke kiri dan 8 tikungan ke kanan. Trek lurusnya cuma 607 meter, nyaris setengah dari trek lurus di Austin. Sebuah trek yang Yamaha friendly.

Tapi nggak akan gampang juga buat rider-rider Yamaha menahan gempuran rider Honda. Apalagi Marc Marquez lagi kinclong saat ini. Si bocah badung ini baru jadi juara seri Austin kemarin di tahun pertamanya di MotoGP. Keren juga. Mungkin karena ini juga Jorge Lorenzo lebih “cari aman” dalam menghadapi Marc. Kalo Marc lagi kenceng, Jorge cari aman. Jorge memilih cari celah saat Marc lagi pelan. Hlaaa gimana bisa sih balapan kayak gini hehehehehe.

Efek dari hasil jelek di Austin membuat The Doctor on fire menatap Jerez. Yah secara motornya udah bagus masa masih mau balapan di belakang lagi sih mas Vale. Enam kemenangan yang pernah diraih di Jerez membuktikan bahwa Jerez merupakan seri di mana The Doctor bisa dapet hasil bagus di sini.

13673957161920661878

Belum tentu Marc bisa menang lagi di Jerez (dok.motogp.com)

Saat tes pra musim di Jerez Vale sempat menjadi yang tercepat. Wajar kalo para penggemar Vale menaruh ekspektasi tinggi atas performa Vale di Jerez besok. Kalo nggak menang minimal bisa finish di podium deh. Harapannya sih gitu… amin 46 kali. Abis balapan besok, hari Senennya, tim Yamaha bakal ngadain tes di Jerez.

Ngomongin Honda pasti ngomongin Marc dan Dani Pedrosa. Ya iyalah kan emang mereka rider Honda. Marc nggak punya target muluk, dia hanya ingin finis podium di Jerez. Marc tau diri juga, baru gabung di kelas para raja emang sebaiknya nggak terlalu banyak berkoar soal target. Tau-tau pas balapan menang aja dan bikin para raja juga para penikmat balapan geleng-geleng kepala sama ulah rider muda ini.

Lalu Dani gimana? Just info kemarin Dani sempat diprotes keras sama Kevin Schwantz. Dani dianggap Kevin belum maksimal di Honda. Selama delapan tahun bergabung sama Honda Dani belom pernah sekalipun jadi juara dunia. Iyak bener sih, saya juga gemes bener nih sama Dani. Kevin bilang dia berharap pendapatnya salah dan berharap Dani membuktikan diri, tapi Kevin bilang lagi bahwa itu nggak mungkin, kasarnya Kevin nggak yakin Dani bisa juara dunia di Honda gitu.

1367395778101947572

Jorge main aman (dok.motogp.com)

Trus gimana komen Dani disentil Kevin kayak gini? Panas lah pasti. Manager Dani ikutan ngamuk juga. Alberto Puig, manager Dani, bilang bahwa Kevin dulu bisa juara dunia juga gara-gara Wayne Rainey crashed dan nggak bisa balapan di seri yang tersisa. Kalo Rainey nggak crashed pasti Kevin juga nggak bisa tuh jadi juara dunia. Dunia balapan itu emang panas pemirsah hehehehe.

Tampil di depan publik sendiri pastinya menambah motivasi buat para rider Spanyol. Jadi bakalan all Spanish podium lagi gitu? Blom tentu. Kan di awal saya udah bilang Vale lagi on fire. Nggak baca ya? Baca dong… Halah. Yang pasti sih saya pengen ada duel seru dari Vale melawan Marc kayak di Qatar kemarin.

Duel ini penting buat menyelamatkan MotoGP dari kebosanan. Yang nonton seri Austin kemarin pasti setuju kalo saya bilang seri Austin bikin ngantuk. Bosen banget liatnya. Mana tayangnya dinihari lagi hadeuh. Tapi seri Jerez ini bakal lebih seru menurut saya dan nggak bikin ngantuk karena tayangnya jam 19.00 wib. Masa udah pada ngantuk sih jam segitu.

1367395813938475270

Bradl.. sarung tangannya kegedean (dok.motogp.com)

Oh iya jangan lupa sama Cal Crutchlow. Aksi keren Cal bisa jadi ancaman buat para rider papan atas. Kayaknya tinggal menunggu waktu aja bagi Cal buat berdiri di podium. Di sesi tes pra musim di jerez kemain selisih waktu Cal sama Vale tipisss buanget. Kudu ati-ati deh Vale sama Cal.Ben Spies terpaksa absen di Jerez besok. Bahunya masih sakit dan kudu pemulihan. Ben Spies akan digantikan sama Michele pirro.. pirro wae wani halah.

Ada juga Stefan Bradl yang cukup lumayan di MotoGP. Kalo Bradl bisa ada di depan Vale, akan cukup membuang waktu vale buat meng-overtake rider ini. Skillnya keren juga sih. Lalu ada Andrea Dovizioso rider Ducati yang cukup bikin progress. Yah emang sih Dovi bukan ancaman serius bagi rider-rider terdepan. Tapi penampilannya di atas Ducati cukup lumayan. Meskipun ini nggak bisa dijadikan tolok ukur buat performa Ducati secara keseluruhan. Ducati gitu loh.

Prediksi saya yang bakalan podium adalah Vale, Jorge dan Marc. Menurut Anda? Jangan lupa FP1 dan 2 akan dilangsungkan Jumat 3 Mei 2013. FP 3 dan 4 serta Q1 dan Q2 akan dilangsungkan Sabtu, 4 Mei 2013. Lalu balapan akan live di hari Minggu 5 Mei 2013 jam 19.00 wib. Don’t miss it.

Sambil nunggu balapan liat dulu nih posisi klasemen sementara MotoGP 2013 :

1. Marc MARQUEZ - Honda - SPA - 41
2. Jorge LORENZO - Yamaha - SPA - 41
3. Dani PEDROSA - Honda - SPA - 33
4. Valentino ROSSI - Yamaha - ITA - 30
5. Cal CRUTCHLOW - Yamaha - GBR - 24
6. Alvaro BAUTISTA - Honda - SPA - 18
7. Andrea DOVIZIOSO - Ducati - ITA - 18
8. Nicky HAYDEN - Ducati - USA - 15
9. Andrea IANNONE - Ducati - ITA - 13
10. Stefan BRADL - Honda - GER - 11
11. Aleix ESPARGARO - ART - SPA - 10
12. Ben SPIES - Ducati - USA - 9
13. Randy DE PUNIET - ART - FRA - 6
14. Bradley SMITH - Yamaha - GBR - 4
15. Hector BARBERA - FTR - SPA - 3
16. Yonny HERNANDEZ - ART - COL - 3
17. Hiroshi AOYAMA - FTR - JPN - 1

Sumber : MotoGP.com

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Sukses sebagai Pengusaha Telur Asin …

Tjiptadinata Effend... | | 21 December 2014 | 11:54

Cegah Lintah Darat Merajalela dengan GNNT …

Agung Soni | | 21 December 2014 | 11:16

Rahasia Keberhasilan Pariwisata: Jangan …

Jimmy Haryanto | | 21 December 2014 | 08:18

[Langit Terbelah Dua] Pohon Malaikat …

Loganue Saputra Jr ... | | 21 December 2014 | 16:39

Waspada Komplotan Penipu Mengaku Dari …

Fey Down | | 21 December 2014 | 23:23


TRENDING ARTICLES

Gol Telat Skrtel, Bawa Liverpool Imbangi …

Achmad Suwefi | 4 jam lalu

Fenomena Prostitusi Online sebagai Efek …

Gholal Pustika Widi... | 10 jam lalu

Sensasi Singkong Rebus Menteri Yuddy …

Andi Harianto | 10 jam lalu

Ketika Tulisanmu Dihargai Jutaan Rupiah …

Wijaya Kusumah | 11 jam lalu

Sekilas Wajah Pak Menteri Anies Mirip …

Agus Oloan | 11 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: