Back to Kompasiana
Artikel

Atletik

Achmad Basyari

rivvei.blogspot.com

Mengenang Kembali Senam Kesegaran Jasmani

OPINI | 06 November 2012 | 12:13 Dibaca: 4142   Komentar: 0   2

Waktu lagi ngebrowsing di youtube gak sengaja gw ngeliat ada video senam kesegaran jasmani, pas nonton video senam ini jadi inget waktu jaman masih sd suka ngelakuin senam ini dari mulai kelas 1 ampe kelas 6, dan biasanya dilaksanakan pada Jum’at pagi.

Yak, Senam Kesegaran Jasmani atau lebih tenarnya disingkat dengan “SKJ” merupakan senam “wajib militer” yang dicanangkan oleh pemerintah orde baru untuk anak-anak usia sekolah khususnya SD dan SMP. yah kalau dipikir2 pemerintah dulu sebenarnya baik juga sampe-sampe mikirin senam buat rakyatnya, kalau pemerintah sekarang mah lebih ngurusin proyek (ups.. no offense).

Dulu banyak kejadian lucu waktu ngelaksanain SKJ ini di masa sekolah dasar (nostalgia mode : on), mulai dari gerakan yang suka salah, murid dijewer sama guru olahraga, sampe kejadian melorotin celana. karena celana seragam olahraga terbuat dari bahan yang mudah dilorotkan kita harus ekstra hati-hati dari anak iseng yang suka melorotin celana kalau tidak mau “benda berharga” kita kelihatan seisi sekolah :-D

Bagi yang ingin bernostalgia skj-ria, di bawah ini saya menyediakan link audio, gerakan dan video untuk direview dan didownload.

1. SKJ 82 (Senam Kesegaran Jasmani 1982)

SKJ yang pertama kali dikenalkan

video dan gerakan SKJ 82 : lihat disini

2. SKJ 84 (Senam Kesegaran Jasmani 1984)

SKJ 84 terkenal dengan musik teng…teng… nya

gerakan senam skj 84 : download disini

musik skj 84 : download di sini

video musik skj 84 : lihat disini

video dan gerakan SKJ 84 : lihat disini

3. SKJ 88 (Senam Kesegaran Jasmani 1988)

SKJ 88 terkenal dengan musiknya yang enak didengar

musik skj 88 : download disini

video dan gerakan skj 88 : lihat disini

4. SKJ 92 (Senam Kesegaran Jasmani 1992)

SKJ 92 terkenal dengan durasinya yang lama sekitar 12 menit denganĀ  variasi gerakan yang cukup rumit

musik SKJ 92 : download disini

video musik skj 92 : lihat disini

untuk gerakan senam skj 92 lupa nih padahal dulu waktu SMP inget banget. kalau ada sobat blogger yang masih inget atau punya datanya kasih tau yah.

thats all, selamat bernostalgia

credit to : matikonyol, youtube, indowebster, mbah google

Sumber : rivvei.blogspot.com

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Membuat KTP Baru, Bisa Jadi Dalam Sehari! …

Seneng | | 22 October 2014 | 10:00

Angka Melek Huruf, PR Pemimpin Baru …

Joko Ade Nursiyono | | 22 October 2014 | 08:31

Nangkring “Special” bersama Bank …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:44

Saksi Sejarah Bangsa …

Idos | | 22 October 2014 | 11:28

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Calon Menteri yang Gagal Lolos …

Mafruhin | 5 jam lalu

3 Calon Menteri Jokowi Diduga Terlibat Kasus …

Rolas Jakson | 5 jam lalu

Suksesi Indonesia Bikin Iri Negeri Tetangga …

Solehuddin Dori | 6 jam lalu

Bocor, Surat Penolakan Calon Menteri …

Felix | 6 jam lalu

Fadli Zon dan Hak Prerogatif Presiden …

Phadli Hasyim Harah... | 7 jam lalu


HIGHLIGHT

Penyelamatan Sang Ayah Terhadap Anaknya yang …

Saepullah Abu Zaza | 8 jam lalu

Jokowi dalam Perspektif Filsuf Sosialis …

Ari Dwi Kasiyanto | 8 jam lalu

Geliat Predator Seks di Medsos …

Muhammad Armand | 8 jam lalu

Doa dan Air Mata Seorang Ibu Menyelamatkan …

Roy Soselisa | 8 jam lalu

Akankah Aku Menang? …

Aisditaniar Rahmawa... | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: